Cara Melebarkan Baris atau Kolom Menjadi Autofit

Pernahkah Anda mempunyai data pada excel yang sangat banyak dan lebar baris atau kolom dari data tersebut kurang besar sehingga Anda harus merubah lebar kolomnya secara satu per satu? Jika iya, maka Anda perlu meluangkan waktu sebentar untuk membaca tips tentang melebarkan kolom pada excel menjadi autofit. Autofit adalah menjadikan lebar kolom atau baris mengikuti lebar konten yang ada di dalamnya. Jika pada Microsoft Word, untuk melebarkan kolom pada sebuah tabel menjadi autofit adalah dengan mem-blok tabel yang diinginkan kemudian klik kanan dan pilih autofit, namun cara ini tidak bisa dilakukan pada Microsoft Excel. Berikut adalah contoh kolom yang tidak beraturan sehingga memerlukan pelebaran kolom untuk menjadikannya lebih rapi. 

autofit excel

Pada contoh di atas, terdapat beberapa informasi yang tidak bisa tersaji karena kurang lebarnya kolom seperti nama negara dan angka-angka yang menjadi simbol seperti pagar. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjadikan lebar kolom menjadi autofit. 

1. Blok kolom dengan cara klik pada label A pada kolom kemudian tahan dan tarik sampai kolom J.

autofit excel

2. Arahkan kursor pada salah satu garis perbatasan antar kolom. Misalkan pada contoh di bawah kursor ditempatkan pada perbatasan antar kolom B dan kolom C.
 
autofit


3. Kursor masih berada di perbatasan antar kolom, kemudian tekan mouse dua kali secara cepat (double click). Dan berikut ini adalah hasilnya.
autofit

Itu lah tadi cara menjadikan lebar kolom menjadi autofit secara otomatis. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengubah tinggi baris, bedanya adalah cara blok berdasarkan barisnya.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan share ke teman-teman Anda dengan klik salah satu tombol share di bawah karena berbagi ilmu itu tidak akan pernah habis, jika dibagi malah akan semakin bertambah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca posting tentang cara melebarkan kolom menjadi autofit.