Belajar Rumus Dasar Microsoft Excel (Bagian 1)


Belajar Microsoft Excel dapat dibilang relatif mudah karena excel didesain dengan usabilitas yang relatif bagus sehingga memudahkan bagi pemula untuk mempelajarinya. Micorosoft Excel atau biasa disebut dengan Excel saja, adalah perangkat lunak yang sangat populer untuk mengolah data. Aplikasi ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation.

Bagi teman-teman yang baru saja mengenal excel, alangkah baiknya untuk mempelajari dasar-dasar excel terlebih dahulu. Pada posting kali ini akan dibahas tentang rumus dasar excel yaitu bagaimana caranya untuk melakukan operasi hitung sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan. Rumus dasar ini berlaku bagi semua versi excel, baik Microsoft Office Excel 2003, Microsoft Office Excel 2007,  Microsoft Office Excel 2010, maupun yang terbaru Microsoft Office Excel 2013. 

Yang pertama anggap kita punya data seperti di bawah ini

 


 

Rumus Penjumlahan Excel 

 

Pertama, kita akan lakukan operasi penjumlahan terhadap data yang ada pada Data A dan Data B. Masukkan rumus seperti ditunjukkan pada gambar di bawah kemudian tekan Enter

 

 Catatan : Untuk memasukkan rumus dalam excel, harus selalu diawali dengan tanda sama dengan ( = ) kemudian diikuti dengan rumus.

Klik lagi cell C2, kemudian arahkan kursor ke kanan bawah dari cell tersebut maka akan muncul tanda plus. Tarik ke bawah tanda plus ini sampai cell C7 lalu perhatikan apa yang terjadi :D 




 Rumus Pengurangan Excel


Kedua, kita akan lakukan operasi pengurangan. Caranya hampir sama dengan di atas, hanya berbeda pada operatornya saja. Masukkan rumus seperti di bawah.

 Lakukan cara yang sama di atas dengan menarik tanda plus untuk melakukan pengurangan terhadap semua data.

Rumus Perkalian Excel

Ketiga, kita akan melakukan operasi perkalian pada excel. Perkalian dapat dilakukan dengan operator ( * ), tanpa tanda kurung. Dengan cara yang sama pada rumus sebelumnya kita masukkan rumus seperti berikut.





Rumus Pembagian Excel


Keempat adalah operasi pembagian. Pembagian menggunakan simbol ( / )



Oke itulah sekelumit dari dasar-dasar microsoft excel, khususnya untuk rumus dasar excel. Saya harap panduan singkat ini berguna bagi teman-teman yang sedang belajar excel. Posting ini bersambung ke rumus dasar excel bagian 2. Yang belum jelas jangan lupa untuk mengisi komentar di bawah. Terima Kasih.