Cara Menggunakan Microsoft Excel dengan Mudah

Cara menggunakan microsoft excel dapat dengan mudah dipelajari oleh siapapun. Sebelumnya kita kenalan dulu dengan makhluk yang bernama Microsoft Excel, atau yang lebih umum di sebut dengan Excel saja, adalah program aplikasi office yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membantu kita dalam urusan pekerjaan menghitung, menganalisa, dan mengintrepetasikan data baik dalam bentuk tabel maupun dengan grafik. Penggunaan excel akan sangat berguna bagi seseorang atau instansi yang berurusan dengan banyak data dan perlu dilakukan telaah yang lebih dalam untuk mengambil sebuah kesimpulan atau sebuah keputusan. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai cara menggunakan microsoft excel, mari kita kenali dulu area kerja pada jendela microsoft excel.

Lembar Kerja Microsoft Excel

 

cara menggunakan excel

 

  • Kolom (coloumn) adalah penanda kolom pada excel yang berurutan secara abjad. Pada area kolom ini ada salah satu kolom yang di-highlight (berwarna berbeda) yang menunjukkan dimana terdapat cell aktif
  • Baris (row) adalah penanda baris pada excel yang berurutan secara numeric. Sama seperti kolom, pada area baris ini juga terdapat salah satu yang di-highlight untuk menunjukkan dimana terdapat cell aktif
  • Cell Aktif adalah penunjuk cell yang sedang aktif. Cell yang aktif ini merupakan perpotongan baris dan kolom yang di-highlight. Contoh cell B2 adalah perpotongan antara kolom B dan baris 2.
  • Formula Bar adalah tempat dimana kita ingin menuliskan rumus atau fungsi pada excel yang akan kita gunakan. Untuk menuliskan rumus diawali dengan tanda "=" (tanpa tanda kutip). Contoh kita ingin menjumlahkan cell A1 dan B2 maka penulisan rumus pada formula bar adalah =A1+B2.
  • Tab Lembar Kerja adalah kumpulan dari beberapa lembar kerja. Pada satu file excel, kita dapat mempunyai beberapa lembar kerja sekaligus. Lembar kerja yang aktif adalah yang di-highlight.

Cara Membaca Alamat Cell

 

Mengetahui cara membaca alamat cell sangat penting dalam belajar excel. Masing-masing cell mempunyai alamat sendiri-sendiri. Cara membaca cell adalah dengan melihat kolom dan barisnya. Misalnya sebuah cell mempunyai alamat B3 maka cell tersebut berada pada kolom B dan baris ke 3. Perhatikan gambar di bawah ini.

cara menggunakan microsoft excel


Cara Menggunakan Rumus pada Excel

 

Sesuai fungsinya, excel akan sangat berguna untuk pengolahan dan analisis data. Excel dilengkapi dengan rumus-rumus atau fungsi yang lengkap untuk aplikasi aritmatika, statistik, financial, olah database, dan lain-lain. Untuk menggunakan rumus yang ada pada excel selalu diawali denga tanda "=" (tanpa tanda petik). Untuk lebih mengenali cara penggunaannya, mari kita buat data tabel seperti di bawah ini.

 

 

Kita akan mengisi cell B3 yaitu dengan menjumlahkan banyaknya apel dan jeruk menggunakan rumus excel. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh yaitu :

  1. Menulis rumus dengan angka, cara ini dilakukan dengan menuliskan rumus pada cell B3 dengan "=10+20" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter.
  2. Menulis rumus dengan menunjuk alamat cell, yaitu dengan menuliskan rumus pada cell B3 dengan "=B1+B2" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter.
  3. Menulis rumus dengan menunjuk alamat cell dengan mouse, cara ini dilakukan dengan cara
    1. Ketik "=" (tanpa tanda kutip) pada cell B3
    2. Arahkan kursor mouse pada cell B1 lalu klik
    3. Ketik "+" (tanpa tanda kutip)
    4. Arahkan kursor mouse pada cell B2 lalu klik
    5. Tekan Enter

Menyimpan File yang telah dibuat

 

Setelah selesai maka simpan file excel yang telah dibuat dengan cara klik tombol save (gambar disket) pada pojok kiri atas jendela kerja excel atau klik Ctrl+S pada keyboard secara bersamaan. Akan muncul jendela seperti berikut ini

cara simpan dokumen




Pada kotak isian file name isikan dengan nama file terserah Anda, pada contoh di atas file diberi nama "latihan excel" kemudian klik Save. Pada tahap ini Anda sudah bisa membuat file excel sederhana dengan rumus penjumlahan pada excel.

Sekian dulu posting kali ini, jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman Anda melalui tombol facebook, twitter, dan Google+ di bawah. Jika ada pertanyaan silakan isi komentar di bawah. Terima kasih telah membaca tutorial cara menggunakan microsoft excel.