Belajar Rumus Dasar Microsoft Excel (Bagian 2)

Pada posting kali ini, kita masih membahas tentang rumus-rumus dasar excel yang paling sering digunakan oleh para pengguna. Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai operasi dasar excel seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian maka saatnya kita mempelajari rumus sum, average, max, dan min.

Sebagai latihan, anggap kita punya data penjualan selama satu semester seperti di bawah ini. 

Rumus SUM Excel

Fungsi rumus sum pada excel adalah untuk menjumlahkan sekumpulan data sekaligus. Rumus ini akan sangat berguna jika data yang akan kita jumlahkan berjumlah banyak sehingga kita gak perlu repot-repot menjumlahkan satu per satu. Contoh penggunaan rumus sum adalah sebagai berikut : 
contoh rumus sum excel
Ada 2 cara dalam menuliskan rumus sum dan rumus-rumus excel pada umumnya. Yang pertama adalah ketik  =sum(  kemudian kita blok area data yang akan kita jumlahkan lalu tekan Enter. Cara yang kedua adalah ketik =sum( kemudian kita ketik manual cell awal penjumlahan kemudian ketik titik dua ( : ) lalu diikuti dengan cell akhir data yang akan dijumlahkan kemudian tekan Enter.

Rumus AVERAGE Excel

Cara mencari rata-rata di microsoft excel adalah dengan menggunakan rumus average. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak caranya seperti contoh di bawah ini. 
menghitung rata-rata excel
Ketikkan rumus seperti di atas, kemudian tekan Enter maka nilai rata-rata dari data di atas akan didapatkan. Mudah kan? Cara penulisan rumus sama dengan pembahasan rumus sum tadi ya :) .

Rumus MAX Excel

 
Rumus max pada excel digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kumpulan data. Misalnya, kita punya data penjualan seperti contoh di atas, lalu kita ingin mengetahui berapa sih puncak nilai penjualan kita? Nah, untuk itu kita bisa menggunkan rumus max. Berikut contoh penggunaannya.  
menghitung nilai tertinggi excel




Rumus MIN Excel 



Kebalikan dengan rumus max, rumus min digunakan untuk mencari nilai terendah dari kumpulan data.  Oke, langsung aja ke contoh ya :)
menghitung nilai terendah excel

Oke itulah tadi contoh dari beberapa rumus microsoft excel yang mungkin akan sering digunakan oleh para pengguna excel. Kalau saya sih yakin tiap kali ada perhitungan menggunakan excel pasti akan menggunakan rumus sum, hehe..pengalaman pribadi. Yang belum jelas dan paham silahkan untuk mengisi komentar di bawah :)
Terima Kasih.