Mengenal Conditional Formatting

Apa itu conditional formatting? Secara sederhana conditional formatting adalah memformat text atau angka pada cell jika memenuhi kriteria tertentu. Misalkan kita ingin memberi format background hijau terhadap nilai tertinggi pada rentang data ataupun memberi format background cell dengan warna merah pada nilai terendah suatu rentang data. Contoh kasus lain, misalkan kita ingin memberi format cell jika nilainya lebih dari kriteria yang sudah kita tentukan semisal jika nilainya lebih dari 80 kita ingin memberi format warna hijau dan sebagainya.  Ada beberapa fasilitas dalam conditional formatting untuk mempermudah pengguna dalam memformat data yang diinginkan, seperti Highlight Cell Rules, Top/Bottom Rules, Data Bars, Color Scales, dan Icon Sets. 

conditional formatting

 Oke, kita langsung ke contoh aja ya. Misalkan kita punya data seperti di bawah ini. 



1. Memberi Format Warna pada Nilai Tertinggi 

Kita akan memberi format cell dengan background warna hijau dan text bold pada 2 data dengan nilai sales tertinggi. Bagaimana caranya? Pertama kita blok dulu rentang data yang akan kita format. Pada contoh di atas kita akan blok dari cell B2 sampai B7. Kemudian kita klik Conditional Formatting --> New Rule --> Format Only Top or Bottom Ranked Values 


Ubah nilai Top menjadi 2, nilai ini menunjukkan berapa jumlah nilai tertinggi yang akan kita format. Selanjutnya kita klik Format untuk mengubah background cell menjadi hijau dan text bold.


Pada tab Fill kita pilih warna hijau, kemudian pada tab Font kita pilih font menjadi hijau. Setelah selesai, klik OK. Teman-teman bisa berkreasi warna dan formatting text dan lain-lain sesuai keinginan. Hasil dari conditional formatting ini tampak seperti di bawah ini. 


2. Memberi Format pada Nilai Jika Kurang dari Nilai Tertentu 

Sekarang kita akan memberi format pada nilai penjualan jika kurang dari 13.000. Format yang akan kita berikan adalah text berwarna merah dan miring (italic). Blok dulu rentang data dari B2 sampai B7. Kemudian klik Conditional Formatting --> Highlight Cell Rules --> Less Than 


Akan muncul window seperti di bawah ini. Isi angka dengan 13000 kemudian klik Custom Format.



Pada tab font ubah menjadi italic dan color menjadi merah. Dan berikut ini adalah hasilnya. 


Demikian sekilas mengenai conditional formatting, sebenarnya masih banyak penggunaannya yang lain dari fasilitas excel ini, silakan di explore sendiri ya. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, mohon untuk di share ke teman-teman yang sedang belajar excel ya. Terima kasih.