Format Angka Rupiah pada Excel

Seringkali dalam mengolah data menggunakan Microsoft Excel kita berurusan dengan data yang berkaitan dengan harga, bisa harga beli, harga jual dan sebagainya. Biasanya kalau kita berbicara dengan harga, data yang akan kita sajikan akan lebih enak dilihat kalau terdapat imbuhan Rp (rupiah), atau imbuhan $ (dolar). Lalu bagaimana caranya untuk memformat angka dalam satuan mata uang tersebut? Sebagai latihan kita punya data seperti di bawah ini. Kita akan memberi imbuhan rupiah pada kolom harga. 

format rupiah excel

Langkah-langkah format Rupiah

  1. Blok kolom yang ingin diberi format rupiah
  2. Klik tombol accounting number format seperti di bawah ini , klik pada segitiga kecil di samping ikon untuk menampilkan pilihan format accounting yang tersedia dan pilih "Rp Indonesian". 
    format rupiah


  3. Jika pilihan "Rp Indonesian" tidak ada maka klik "More Accounting Formats" pada pilihan paling bawah sehingga muncul window berikut. 

    Pada pilihan Symbol, cari format "Rp Indonesian" atau format lain yang Anda inginkan.



  4. Hasil dari formatting tersebut terlihat seperti ini 
Sekian tutorial format angka rupiah pada excel dan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda jika di rasa bermanfaat melalui tombol Facebook, Twitter, atau Google+ di bawah. Terima kasih.