Pada posting kali
ini, kita masih membahas tentang rumus-rumus dasar excel yang paling sering
digunakan oleh para pengguna. Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai
operasi dasar excel seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
maka saatnya kita mempelajari rumus sum, average, max, dan min.
Sebagai latihan,
anggap kita punya data penjualan selama satu semester seperti di bawah ini.
Rumus SUM Excel
Fungsi rumus sum
pada excel adalah untuk menjumlahkan sekumpulan data sekaligus. Rumus ini akan
sangat berguna jika data yang akan kita jumlahkan berjumlah banyak sehingga
kita gak perlu repot-repot menjumlahkan satu per satu. Contoh penggunaan rumus
sum adalah sebagai berikut :
Ada 2 cara dalam
menuliskan rumus sum dan rumus-rumus excel pada umumnya. Yang pertama adalah
ketik =sum( kemudian kita
blok area data yang akan kita jumlahkan lalu tekan Enter. Cara yang kedua
adalah ketik =sum( kemudian
kita ketik manual cell awal penjumlahan kemudian ketik titik dua ( : ) lalu
diikuti dengan cell akhir data yang akan dijumlahkan kemudian tekan Enter.
Rumus AVERAGE Excel
Cara mencari
rata-rata di microsoft excel adalah dengan menggunakan rumus average. Lalu
bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak caranya seperti contoh di bawah
ini.
Ketikkan rumus
seperti di atas, kemudian tekan Enter maka nilai rata-rata dari data di atas
akan didapatkan. Mudah kan? Cara penulisan rumus sama dengan pembahasan rumus
sum tadi ya :) .
Rumus MAX Excel
Rumus max pada excel
digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu kumpulan data. Misalnya,
kita punya data penjualan seperti contoh di atas, lalu kita ingin mengetahui
berapa sih puncak nilai penjualan kita? Nah, untuk itu kita bisa menggunkan
rumus max. Berikut contoh penggunaannya.
Rumus MIN Excel
Kebalikan dengan
rumus max, rumus min digunakan untuk mencari nilai terendah dari kumpulan
data. Oke, langsung aja ke contoh ya :)
Oke itulah tadi
contoh dari beberapa rumus microsoft excel yang mungkin akan sering digunakan
oleh para pengguna excel. Kalau saya sih yakin tiap kali ada perhitungan
menggunakan excel pasti akan menggunakan rumus sum, hehe..pengalaman pribadi.
Yang belum jelas dan paham silahkan untuk mengisi komentar di bawah :)
Terima Kasih.